cover
Contact Name
Muhammad Mushfi El Iq Bali
Contact Email
altanzim2017@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
altanzim2017@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
AL-TANZIM : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
ISSN : 25493663     EISSN : 25495720     DOI : -
Core Subject : Education,
Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University. The journal publishes articles of interest to education practitioners, teachers, education policy makers, and researchers. This journal encompasses research articles, original research report, reviews in Islamic education in any fields including: 1) Leadership, 2) Public Relation Management, 3) Organizational Behavior, 4) Organizational Culture, 5) Human Resource Management, 6) Financial Management, 7) Decision Making, etc.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ERA OTONOMI PENDIDIKAN" : 7 Documents clear
Implikasi UUSPN Terhadap Pendidikan Islam Abdurahman Abdurahman
JURNAL AL-TANZIM Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ERA OTONOMI PENDIDIKAN
Publisher : Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.714 KB) | DOI: 10.33650/al-tanzim.v1i1.25

Abstract

Manusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya. Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui peoses pembelajaran dan/atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat.  Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat esensial dalam proses pemanusiaan dalam masyarakat yang berbudaya. Dalam era globalisasi dewasa ini terjadi perubahan yang dahsyat dalam kehidupan masyarakat. Kota tidak dapat menghindarkan diri dari tsunami globalisasi yang telah memasuki setiap jengkal kehidupan manusia modern. Di dalam era globalisasi ini terjadi loncatan-loncatan atau transformasi nilai-nilai kehidupan dan oleh sebab itu juga terjadi perubahan dalam proses pemanusiaan atau pendidikan
Wealth Management Strategi Pengelolaan Asset:Transparansi, Akuntabilitas, Efektifitas, Efisiensi Ainur Rofiq
JURNAL AL-TANZIM Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ERA OTONOMI PENDIDIKAN
Publisher : Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.754 KB) | DOI: 10.33650/al-tanzim.v1i1.28

Abstract

Pada umumnya, aset dan kekayaan lembaga sangat penting dan diperlukan untuk memelihara dan mengembangkan kemampuan pendanaan lembaga pendidikan. Uang adalah salah satu dari sumber daya pendidikan yang dianggap sangat penting. Uang diibaratkan seperti darah dalam tubuh manusia. Dan uang adalah termasuk sumber daya yang langka dan terbatas. Oleh karena itu uang perlu dikelola dengan efektif dan efisien agar membantu tercapainya tujuan pendidikan. Pendidikan sebagai investasi yang akan menghasilkan manusia manusia yang memiliki pengetahuan, sikap, dan ketrampilan yang dibutuhkan dalam pembangunan suatu bangsa. Pengelolaan dana pendidikan harus berdasarkan pada prinsip keadilan, efesiensi, transparansi, dan akuntabilitas publik. Transparansi dibidang Wealth management, berarti adanya keterbukaan dalam management keuangan lembaga pendidikan, sedangkan akuntabilitas adalah kondisi seseorang yang dinilai oleh orang lain karena performannya dalam menyelesaikan tugas untuk mencapai tujuan yang menjadi tanggung jawabnya. Dalam management keuangan, dikatakan memenuhi prinsip efektifitas, kalau kegiatan yang dilakukan dapat mengatur keuangan untuk membiayai aktifitas lembaga tertentu dan sesuai dengan rencana yang ditetapkan. Dan efisiensi adalah perbandingan yang terbaik antara masukan dan keluaran, atau antara daya dan hasil.  
Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Sinergi Teori Dan Praktek Muallim Wijaya
JURNAL AL-TANZIM Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ERA OTONOMI PENDIDIKAN
Publisher : Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.288 KB) | DOI: 10.33650/al-tanzim.v1i1.24

Abstract

Konsep manajemen pengajaran bahasa arab adalah rencana-rencana pengajaran bahasa arab meliputi; persiapan materi, perincian tujuan, metode dan media pembelajaran serta penilain yang digunakan guru bahasa arab selama kegiatan pembelajaran, baik di kelas atau di luar kelas. Semua itu dimaksudkan untuk mencapai target pendidikan bahasa arab secara maksimal. Guru bahasa arab harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional.Kesuksesan lembaga pendidikan bahasa arab tidak bisa lepas dari sinergi antara konsep dan pelaksanaan manajeman bahasa arab yang baik. Artinya guru bahasa arab harus memahami konsep manajemen pembelajaran bahasa arab dengan baik agar pelaksanaan tujuan-tujuan pendidikan yang telah direncanakan sebelumnya bisa dicapai secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsip-prinsip yang baku. Dan guru bahasa arab yang baik memiliki sifat ikhlas dan dedikasi yang tinggi pada profesinya.Guru bahasa arab harus memiliki kompetensi yang mencakup kemampuan memahami prinsip-prinsip pendidikan bahasa arab,mengelola proses belajar mengajar bahsa arab secara konperhensif, menjadi pribadi yang arif dan bijaksana serta teladan yang baik bagi anak didik (teladan dalam bersikap dan teladan dalam berbahasa yang baik dan benar), mampu bekerja sama dengan rekan seprofesi dan masyarakat luas demi mewujudkan tujuan-tujuan pendidikan, dan menguasai materi bahasa arab beserta seluruh kompetensinya, memiliki kemampuan mengembangkan bahan ajarnya dan mengajarkan bahasa arab pada anak didik sesuai tugas dan fungsinya, yaitu alat komunikasi.Pendidikan bahasa arab yang sukses mencerminkan keseimbangan antara konsep dan implementasi kurikulum yang terencana, terorganisir dengan seluruh elemen pendidikan dan masyarakat secara harmonis,dan di evaluasi secara berkesinambungan.
Kebijakan Pendidikan Islam Dalam era otonomi daerah Moh. Rifa'i
JURNAL AL-TANZIM Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ERA OTONOMI PENDIDIKAN
Publisher : Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.979 KB) | DOI: 10.33650/al-tanzim.v1i1.31

Abstract

Kebijakan-kebijakan mengenai pendidikan pada Madrasah di Negara Indonesia diputuskan, semuanya dalam rangka memperbaiki layanan dan kualitas Bangsa Indonesia saat ini dan di masa yang akan datang. Namun tentu hal seperti ini mendapatkan 2 respon yang berbeda yaitu antara positif dan negatif. Berkenaan dengan otonomi daerah yang dikenal pula dengan desentralisasi pendidikan membuat Madrasah harus memiliki strategi-strategi baik dalam mengelola layanan pendidikan yang dibutuhkan oleh masyarakat secara universal, sehingga muncul rasa kepuasan (satisfaction) masyarakat untuk dapat memberikan kontribusi kepada dirinya, orang lain, dan Negara Indonesia. Pembahasan (research) dalam artikel ini menggunakan kajian pustaka dan melalui beberapa observasi yang berkembang pada Madrasah saat ini.
CONTINGENCY LEADERSHIP THEORY / PENDEKATAN SITUASIONAL Ifatun Zulaihah
JURNAL AL-TANZIM Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ERA OTONOMI PENDIDIKAN
Publisher : Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.736 KB) | DOI: 10.33650/al-tanzim.v1i1.29

Abstract

Paper ini mencoba menelaah konsep kepemimpinan situasional yang dipelopori diantaranya oleh Hersey and Blanchard, kemudian berkembang lagi teori Fiedler serta teori Path Goal. Dari  teori tersebut masing-masing menganalisis bahwa kepemimpinan tidak hanya terbentuk oleh kepribadian dari pemimpin itu saja, namun kepemimpinan terbentuk dari lingkungan serta faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari situasi sebuah organisasi agar mencapai tujuan yang dimaksud. Secara singkatnya teori tersebut menggunakan analisis kuantitatif dalam proses mempengaruhi bawahan-bawahannya dengan menggunakan variable-variable yang sudah terukur sedemikian rupa.
Model Dan Bentuk Kepemimpinan Dalam Islam Muchammad Mukhlis
JURNAL AL-TANZIM Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ERA OTONOMI PENDIDIKAN
Publisher : Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.323 KB) | DOI: 10.33650/al-tanzim.v1i1.30

Abstract

Islam adalah agama kaffah yang mengatur segala aspek kehidupan, temasuk kepemimpinan, dikarenakan dengan adanya imamah ini aspek kesejahteraan, falah dan keadilan dalam suatu Negara dalam skala besar dan amanah yang melekat pada individu akan tertata secara sempurna. Tulisan ini dimaksudkan untuk memberi gambaran singkat tentang praktik, bentuk, pola  dari kepemimpinan yang ada dengan dikaitkan dengan pola kepemimpinan Rasulullah Muhammad Saw. Berdasarkan sejumlah pandangan dapat diambil kesimpulan awal bahwa, pola kepemimpinan Rasulullah sangat pas dan relefan untuk diterapkan disegala dimensi kehidupan. Dan pola kepemimpina yang dicontohkan Rasulullah syamil dan kamil
Kajian Kritis Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) Moh. Sholeh
JURNAL AL-TANZIM Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ERA OTONOMI PENDIDIKAN
Publisher : Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.791 KB) | DOI: 10.33650/al-tanzim.v1i1.26

Abstract

Pendidikan tidak terlepas dari perubahan tersebut. Kehidupan politik, sosial-ekonomi, mengalami perubahan-perubahan yang besar yang belum pernah dialami dalam sejarah umat manusia. Kita lihat saja hancurnya negara-negara seperti Uni Soviet, Yugoslavia, yang telah melahirkan negara-bangsa yang baru sebagai hasil dari dunia terbuka atau dunia tanpa batas (borderless word) yang disertai dengan maraknya demokrasi dan HAM. Dalam kehidupan ekonomi kita mengalami pasar terbuka yang kini dikuasai oleh multinational corporation (MNC). Abad ke-21 kita nantikan lahirnya kekuatan baru dari dunia ketiga menjadi negara super power, yaitu Cina dan India. Dalam bidang politik umat manusia memasuki pergaulan internasional yang serba terbuka yang telah melahirkan budaya serba “world” seperti bahasa inggris yang menjadi bahasa dunia, pasar yang dikuasai oleh produk-produk industri Barat yang dikendalikan oleh multinational corporation, dunia pendidikan berlomba-lomba menjadi “world class university”. Semua perubahan global tersebut tentunya mempengaruhi pendidikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7